Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah Bagi Da'i

Ade Sep Tiyan

Abstract


Komunikasi dan dakwah adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan atau satu sama lain saling terkait. Keduanya merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri, namun  dalam  praktik  serta  aplikasinya  selalu  terpadu antara   satu   dengan   lainnya   serta   saling   menunjang. Kenyataan  menunjukkan  bahwa  banyak  pesan  dakwah tidak sampai kepada sasaran, karena da’i (komunikator) tidak   mampu   berkomunikasi   secara   efektif.   Hal   ini disebabkan     karena     ketidakmampuan     menuangkan pesannya dalam bahasa yang baik dan benar. Seolah-olah dakwah  yang  disajikan  kering,  gersang  dan  hambar.

 


Keywords


Efektivitas dakwah, komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Asep Saeful Muhtadi. Komunikasi Dakwah; Teori, Pendekatan dan

Aplikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

A.W Widjaja. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina

Aksara, 1986.

Efendi, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Cet. III; Bandung: Rosda Karya, 2006

Hamka. Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Jakarta: Pustaka

Panji Mas, 1984.

Haryani, Sri. Komunikasi Efektif untuk Mendukung Kinerja

Perkantoran. Cet. III; Jakarata: Logos Wacana Ilmu, 2002. Mutmainah, dkk. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka,

Nuh, Sayyid Muhammad. Strategi Dakwah dan Pendidikan Umat.

Yogyakarta: Himam Prisme Medi, 2004.

Omar, Toha Jahja. Ilmu Dakwah. Djakarta: Widjaya Djakarta, 1971.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ade Sep Tiyan

Al Qolam Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Abstracted/Indexed by