Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah Bagi Da'i
Abstract
Komunikasi dan dakwah adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan atau satu sama lain saling terkait. Keduanya merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri, namun  dalam  praktik  serta  aplikasinya  selalu  terpadu antara  satu  dengan  lainnya  serta  saling  menunjang. Kenyataan  menunjukkan  bahwa  banyak  pesan  dakwah tidak sampai kepada sasaran, karena da’i (komunikator) tidak  mampu  berkomunikasi  secara  efektif.  Hal  ini disebabkan    karena    ketidakmampuan    menuangkan pesannya dalam bahasa yang baik dan benar. Seolah-olah dakwah  yang  disajikan  kering,  gersang  dan  hambar.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep Saeful Muhtadi. Komunikasi Dakwah; Teori, Pendekatan dan
Aplikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
A.W Widjaja. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina
Aksara, 1986.
Efendi, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Cet. III; Bandung: Rosda Karya, 2006
Hamka. Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Jakarta: Pustaka
Panji Mas, 1984.
Haryani, Sri. Komunikasi Efektif untuk Mendukung Kinerja
Perkantoran. Cet. III; Jakarata: Logos Wacana Ilmu, 2002. Mutmainah, dkk. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka,
Nuh, Sayyid Muhammad. Strategi Dakwah dan Pendidikan Umat.
Yogyakarta: Himam Prisme Medi, 2004.
Omar, Toha Jahja. Ilmu Dakwah. Djakarta: Widjaya Djakarta, 1971.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ade Sep Tiyan
Al Qolam Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Abstracted/Indexed by