Strategi Dakwah Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi

Andika Setiya Rani, Rudi Haryanto

Abstract


Pe nelitian ini adalah kajian yang akan difokuskan untuk mengetahui bahwa dalam strategi pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan ekonominya. Diaman dalam hal ini akan membahas bagaimana Perempuan dapat meningkatkan perekonomiannya dan bagaimana strateginya, dimana biasanya Perempuan akan dipandang rendah jika dikatakan dapat meningkatkan perekonomiannya dan dipandang sebelah mata oleh orang-orang. Banyak dari para Perempuan yang merasa gagal sebelummencobanya karena terdesak oleh omongan dari orang-orang sekitar. Banyak dari mereka justru merasa aneh jika perempuan dapat meningkatkan perekonomiannya bahkan melebihi laki-laki itu sendiri. Dan melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu para Perempuan agar dapat menemukan strateginya sehingga dapat meningkatkan perekonomian baik dalam keluarga, Masyarakat, atau untuk desanya. Sehingga diperlukan pengkajian apakah strategi dakwah pemberdayaan perempuan dapat diterima dan dapat berjalan dengan lancar atau justru sebaliknya. Bagaimana strategi dakwah pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan ekonominya?

Untuk menjawab semua permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan yang berupa holistik dimana dalam hal ini akan mencangkup aspek sosial, keagamaan, dan ekonomi itu sendiri untuk mengidentifikasi strategi mana yang lebih efektif untuk digunakan. Dalam hal ini diharapka pendekatan holistik dapat menemukan strategi mana yang lebih efektif untuk digunakan karena pendekatan holistik sendiri merupakan pendekatan yang menyeluruh artinya semua pihak dilibatkan dan mengakui bahwa hubungan antara pikiran, emosi tubuh, spiritual, serta lingkungan sosial saling berkaitan satu sama lain. Hal ini sejalan dengan Perempuan yang dapat meningkatkan perekonomian dengan cara bekerja baik secara offline maupun online, seperti bekerja dikantor dengan gaji yang lebih dari cukup dimana ekonom keluarga sebelumnya tidak stabil ketika bekerja maka ekonomi dalam keluarga dapat meningkat. Strategi yang digunakan bisa berupa berjulan secara offline atau online atau bahkan bisa juga mengedit sebuah konten yang kemudian dapat di unggah di channel Youtube atau tiktok masing-masing.


Keywords


pemberdayaan Perempuan, Pendekatan Holistik, ekonomi

References


FENI, A. (2023). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Hasanah, S. (2013). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Ekonomi Berkeadilan (Simpan Pinjam Syariah Perempuan). Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(1), 71-88.

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat), 2(2), 226-238.

Aslichati, L. (2011). Organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai sarana pemberdayaan perempuan. Jurnal organisasi dan manajemen, 7(1), 1-7.

Barus, R. K. (2015). Pemberdayaan Perempuan melalui Media Sosial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 1(2).

Tjiptaningsih, W. (2018). Pemberdayaan perempuan dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga (Studi kasus pada kelompok usaha perempuan di desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon).

Wardany, K., Sari, RP, & Mariana, E. (2020). Sosialisasi jurus “Bank Sampah†untuk meningkatkan pendapatan dan pemberdayaan perempuan di Margasari. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 4 (2), 364-372.

Wulandari, A. N., & Rini, N. (2021, December). Strategi Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (Vol. 4, No. 1, pp. 176-181).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andika Setiya Rani

Al Qolam Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Abstracted/Indexed by