Komunikasi Rasullah Dalam Pendidikan

Rahmad Zaki, Dawami Dawami

Abstract


Komunikasi dalam pendidikan memainkan peran krusial dalam membangun hubungan yang efektif antara pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep qawlan dalam Al-Qur'an, seperti qawlan ma'rufa, qawlan layyina, qawlan karima, qawlan baligh, qawlan mais?r, qawlan sadid, qawlan azima, qawlan zur, dan qawlan thaqila, sebagai pedoman komunikasi islami dalam pembelajaran. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kajian tafsir Al-Qur'an, hadis, dan literatur terkait, penelitian ini menemukan bahwa konsep qawlan memiliki relevansi signifikan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, inklusif, dan efektif. Qawlan ma'rufa dan qawlan layyina menggarisbawahi pentingnya kesantunan dan kelembutan, sementara qawlan baligh dan qawlan thaqila menekankan kejelasan dan kedalaman pesan. Selain itu, qawlan sadid dan penghindaran qawlan zur menekankan kejujuran dan akurasi. Penelitian ini menawarkan kontribusi penting dalam mengintegrasikan nilai Al-Qur'an ke dalam praktik pendidikan, meningkatkan efektivitas komunikasi, dan membentuk karakter peserta didik secara islami.


Keywords


Komunikasi pendidikan, qawlan, Al-Qur'an, pembentukan karakter, metode islami.

References


Alwizar, A., Husti, I., Anwar, K., Zamsiswa, Z., & Anasri, A. Nilai-nilai Karakter,2022, August.

Alwi, M. Komunikasi Islami dalam Perspektif Rasulullah: Studi Hadis dan AlQur'an. Jurnal Ilmu Komunikasi Islam, 9(2), 103-112, 2017.

Alwi, M. Qawlan Maysura dan Aplikasinya dalam Komunikasi Pendidikan. Jurnal Komunikasi Islam, 12(3), 45-59, 2020.

Al-Habsyi, M. The Art of Soft Speaking in Islam. Jakarta: Lentera Hati, 2018.

Arif, M. Komunikasi Rasulullah dalam Pendidikan: Studi Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Aziz, A. The Influence of Interpersonal Communication in Education: A Case Study of Effective Teaching Methods. International Journal of Educational Studies, 12(4), 225238, 2019.

Aziz, A. Moderasi Beragama dalam Islam: Prinsip dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Ilmu., 2020.

Azizah, N. The Role of Teachers in Promoting Religious Moderation in Schools. International Journal of Education and Social Science, 11(3), 188-202., 2019.

Azizah, N. "Prophet Muhammad’s Teaching Methods in Islamic Education." Journal of Islamic Studies, 14(2), 198-215.

Azizah, N. The Role of Teachers in Promoting Religious Moderation in Schools. International Journal of Education and Social Science, 11(3), 188-202, 2019.

Andri Kurniawan and others, Teori Komunikasi Pembelajaran, 2023.

Craig, R. T. Communication Theory as a Field." Communication Theory, 9(2), 119161, 1999.

Fadillah, M. Tantangan Pendidikan di Era Digital: Perspektif Komunikasi dan Teknologi. Jakarta: Pustaka Digital, 2020.

Fauzi, F. Politics and Religious Identity: The Challenges of Religious Moderation in Indonesia. Journal of Political Studies, 10(2), 234-250, 2020.

Fauzan, I. Musyawarah sebagai Prinsip Moderasi Beragama: Relevansi untuk Indonesia. Yogyakarta: Pilar Media, 2021.

Fauzan, F. Qawlan Ma’rufa dan Pengajaran dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pilar Media, 2020.

Huda, N. Radicalism and Its Impact on Religious Moderation in Indonesia. Journal of Islamic Studies, 15(1), 75-89, 2021.

Hamka, N. Etika Komunikasi dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pilar Media, 2021.

Hamid, A. Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2018.

Hasan, A. Komunikasi dalam Perspektif Islam: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2017.

Hefni, Harjani. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana, 2017.

Lasswell, H. D. The Structure and Function of Communication in Society." In The Communication of Ideas, ed. Bryson, L., New York: Harper, 1948.

Clarity. Islamic Pedagogy Journal, 4(1), 45-57.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68, 2010.

Turkle, S. Reclaiming Conversation: The Power of Talk in a Digital Age. Penguin Press, 2015.

Idris, M. Ethical Communication in Modern Education: Insights from Islamic Tradition. Yogyakarta: Pustaka Tarbiyah, 2021.

Prophet, Muhammad's Teaching Methods. Journal of Islamic Pedagogy, 7(2), 67-81.

Tita Melia Milyane and others, Pengantar Ilmu Komunikasi, 2022.

Islamic Perspective." Journal of Islamic Studies, 8(4), 21-34.

Zakaria, I. Prinsip Komunikasi Rasulullah: Relevansi untuk Pendidikan Modern.

Surabaya: Al-Huda Press, 2022.

Khan, M. W. The Prophet's Way of Communication. New Delhi: Goodword Books, 2009.

Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama di Indonesia: Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Jakarta: Pustaka Kemenag, 2020.

Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama di Indonesia: Konsep dan Implementasi, Jakarta: Pustaka Kemenag, 2019.

Rahman, A. The Effectiveness of Gentle Speech in Reducing Learning Anxiety: A Study on, 2018.

Rahmatullah, R. I'tidal dalam Komunikasi Nabi Muhammad SAW. Surabaya: Al-Huda

Press, 2019.

Rahman, M. Etika Komunikasi dalam Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2019.

Rasyid, M. Penerapan Komunikasi Islami dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus pada Guru Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 133-145, 2021.

Rahman, A. Effective Communication in Prophetic Teaching: Simplification and, 2020.

Sari, L., & Nurmala, D. Pengaruh Komunikasi Lembut dalam Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 77-89, (2020).

Shannon, C., & Weaver, W. The Mathematical Theory of Communication. University of Illinois Press., 1949.

Schramm, W. How Communication Works. In The Process and Effects of Mass Communication. Urbana: University of Illinois Press., 1954.

Schramm, W. The Nature of Communication Between Humans. In Communication and Learning, Boston: Houghton Mifflin., 1971.

West, R., & Turner, L. H. Introducing Communication Theory: Analysis and Application, 2007.

McGraw-Hill.

Syarif, M. The Role of Social Media in Spreading Religious Extremism: A Challenge to Religious Moderation. Journal of Communication and Religion, 9(4), 295-310, 2020.

Sulaiman, H. The Role of Positive Communication in Islamic Education Learning from Prophet Muhammad." Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 33-49, 2021.

Syarifudin, A. (2019). "Enhancing Student Engagement Through Respectful Communication:

An

Syarif, M. (2020). "The Role of Social Media in Spreading Religious Extremism: A Challenge to Religious Moderation." Journal of Communication and Religion, 9(4), 295-310.

Sulaiman, H. (2021). Communication Ethics in Islamic Education. Yogyakarta: UIN Press.

Syarifudin, A. (2019). "Honoring Others Through Communication: Insights from the Prophetic

Tradition." Journal of Islamic Studies, 5(3), 67-78.

Yusuf, Kadar (2021, Tafsir Tarbawi Pesan-Pesan Alquran Tentang Pendidikan, Jakarta, Penerbit AMZAH

Yusuf, Kadar (2015), Konstruksi Ilmu dan Pendidikan, Penerbit AMZAH.

Yusuf, Kadar (2024), Psikologi Qurani, Penerbit AMZAH

Yusuf, H. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama untuk Generasi Milenial. Bandung: Angkasa Press.

Yusuf, F. (2020). Prophetic Communication in Education: A Comprehensive Approach.

Jakarta: Lentera Hati.

Yusuf, F. Pedagogical Strategies in Islamic Education: Lessons from the Prophet’s Communication Style. Jurnal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rahmad Zaki, Dawami Dawami

Al Qolam Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Abstracted/Indexed by