ANALISIS ETIKA PELAYANAN KARYAWAN HOTEL SYARIAH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Hotel Raudah Pekanbanbaru )

Desi Susanti, Ahyarul Abrar, Henrizal Hadi

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah  untuk  mengetahui  Standar Etika Pelayanan Karyawan Hotel Rauda Pekanbaru, Untuk mengetahaui  penerapan Etika pelayanan di Hotel Rauda Pekanbaru, dan untuk mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam terhadap standar dan penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah.  Populasi dalam penelitian yaitu tamu Hotel Rauda sebanyak  40 orang  dengan teknik  Acidental Sampling. jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder . Teknik  pegumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Angket,  Studi kepustkaan.  Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa standar etika pelayanan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru sudah menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya sesuai  SOP Standar Operation Procedure.  Penerapan Etika pelayanan pada Hotel Rauda Pekanbaru terdiri dari: prinsip persamaan, ramah-tamah dalam melayani, kesopanan, mengunakan tutur kata yang baik, sabar dalam melayani permintaan tamu, adanya rasa aman dan nyaman untuk para tamu, adanya kerja sama atau tolong menolong antar bagian, melayani dengan wajah yang berseri, dan tidak berat hati dalam melayani telah dilaksanakan dengan baik oleh para karayawan Hotel Rauda Pekanbaru, namun kecepatan dalam melayani tamu kadang-kadang masih lambat dan  belum maksimal. Tinjauan Ekonomi Islam tentang Penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah diterapkan diantaranya adanya prinsip persamaan tanpa membeda-bedakan tamu hotel, ramah dalam melayani, sopan, sabar, adanya rasa aman dan nyaman , prinsip Kerjasama atau tolong menolong antara bagian, Mengunakan tutur kata yang lembut dan tabasuum. Namun, ada  temuan penulis bahwa belum ada standar yang baku dari Dsn- Mui menegnai Hotel Syariah  dan masih adanya biaya yang dikeluarkan untuk melebelkan hotel syariah.


Keywords


Etika, Pelayanan karyawan, Hotel Syariah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Wardi Muslich, Fiqih Mumalah, Jakarta: Amzah, 2010

Akhmad Mujahiddin, Ekonomi Islam, Pekanbaru: Al- Mujahaddah Press, 2010

Burhanuddin Abdullah, Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Faisal Badroen, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta : Kencana Persada Media Group , 2007

Melayu S. P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

M.Yatimin Abdulllah, Pengantar Study Etika, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

Nurnasrina, Perbankan Syariah, ( Pekanbaru :Suska Press,2012)

Riyanto Sofyan, Bisnis Syariah Mengapa Tidak? Pengalaaman Penerapan Pada Bisnis Hotel, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007

Sudaryono, Etika Islan Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta: Bineka Cipta, 2001

Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta: Bumi aksara, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 desi susanti

Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: