ANALISIS ETIKA PELAYANAN KARYAWAN HOTEL SYARIAH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Hotel Raudah Pekanbanbaru )
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui Standar Etika Pelayanan Karyawan Hotel Rauda Pekanbaru, Untuk mengetahaui penerapan Etika pelayanan di Hotel Rauda Pekanbaru, dan untuk mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam terhadap standar dan penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah.  Populasi dalam penelitian yaitu tamu Hotel Rauda sebanyak 40 orang dengan teknik  Acidental Sampling. jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder . Teknik  pegumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Angket, Studi kepustkaan.  Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa standar etika pelayanan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru sudah menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya sesuai SOP Standar Operation Procedure.  Penerapan Etika pelayanan pada Hotel Rauda Pekanbaru terdiri dari: prinsip persamaan, ramah-tamah dalam melayani, kesopanan, mengunakan tutur kata yang baik, sabar dalam melayani permintaan tamu, adanya rasa aman dan nyaman untuk para tamu, adanya kerja sama atau tolong menolong antar bagian, melayani dengan wajah yang berseri, dan tidak berat hati dalam melayani telah dilaksanakan dengan baik oleh para karayawan Hotel Rauda Pekanbaru, namun kecepatan dalam melayani tamu kadang-kadang masih lambat dan belum maksimal. Tinjauan Ekonomi Islam tentang Penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah diterapkan diantaranya adanya prinsip persamaan tanpa membeda-bedakan tamu hotel, ramah dalam melayani, sopan, sabar, adanya rasa aman dan nyaman , prinsip Kerjasama atau tolong menolong antara bagian, Mengunakan tutur kata yang lembut dan tabasuum. Namun, ada  temuan penulis bahwa belum ada standar yang baku dari Dsn- Mui menegnai Hotel Syariah  dan masih adanya biaya yang dikeluarkan untuk melebelkan hotel syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Wardi Muslich, Fiqih Mumalah, Jakarta: Amzah, 2010
Akhmad Mujahiddin, Ekonomi Islam, Pekanbaru: Al- Mujahaddah Press, 2010
Burhanuddin Abdullah, Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
Faisal Badroen, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta : Kencana Persada Media Group , 2007
Melayu S. P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Moenir, Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
M.Yatimin Abdulllah, Pengantar Study Etika, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006
Nurnasrina, Perbankan Syariah, ( Pekanbaru :Suska Press,2012)
Riyanto Sofyan, Bisnis Syariah Mengapa Tidak? Pengalaaman Penerapan Pada Bisnis Hotel, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007
Sudaryono, Etika Islan Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta: Bineka Cipta, 2001
Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta: Bumi aksara, 2007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 desi susanti
Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: