PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DI RUMAH SAKIT THURSINA

putri mauliddina, Dama Mustika, Anis Mahmudah Dariati

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kepuasan nasabah mengenai layanan mobile banking. Penelitian ini menggunakan kuantitatif assosiatif
hubungan kausal (sebab akibat). Populasi penelitian ini adalah nasabah BSI di RS. Thursina sebanyak 111 nasabah.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 87 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan literatur (studi pustaka). Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software IBM SPSS Statistic Version 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Kualitas layanan tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BSI di RS. Thursina. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,003 < 0,05. (2)Kualitas layanan reability berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,013 < 0,05. (3) dan nilai koefisien regresi -0,479 .Kualitas layanan assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BSI di RS. Thursina.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. (4)Kualitas layanan emphaty tidak berpengaruh dengan kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,051 > 0,05. (5)Kualitas layanan responsiviness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. (6)Kualitas layanan effeciency berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig. 0,001< 0,05.


Keywords


Kata kunci : Kepuasan nasabah, Kualitas Layanan, Mobile Banking

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adela, Melfi. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Bni Syariah Kcp Rajabasa). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Ardhansyah Putra dan Dwi Saraswati. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Khusna, Isroul. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah KC Manado-Tendean). Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri IAIN Manado.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Tatik. (2017). Manajemen Strategik Bank di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasaabah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tampubolon, Nelson. (2015). Bijak Ber- Elektronik Bangking. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Wulandari, Ririn & Fikri Rusmahafi (2020). Membidik Nasabah Bank Syariah. Makassar: Nas Media Pustaka.

Pasal 21 UU No. 21 Tahun 2018 Tentang Bank Syariah

https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20210823140844-29270488/gegara-ini-mobile-banking-bank-syariah-indonesia-melesat-98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 putri mauliddina

Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: