Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru
Abstract
Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seseorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhapada kepercayaan muzakki; 2) untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan muzakki; 3) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan; 4) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap kepercayaan muzakki; dan 5) untuk mengetahui jenis kebijakan untuk meningkatkan kepercayaan muzakki. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.414 orang dan sampel yang diperoleh sebanyak 97 orang dengan teknik sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS Windows Versi 17,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki, kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan, kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki. Adapun jenis kebijakan untuk meningkatkan kepercayaan muzakki yaitu, sosialisasi secara berkala, transparansi, bukti setoran zakat, dan peran pemerintah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aritonang R, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hafiduddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema insani
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Ismanto, Kuat. 2009. Manajemen Syari’ah: Implementasi TQM dalam Lembanga Keuangan Syari’ah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Index
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid Satu Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Martono, Nanang. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metodologi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Perilakunya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sutanto, Herry dan Khaerul Umam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: ANDI
Usmara, A. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 muhammad Romi, Yunani S.E.Sy., M.E, S,Pd.I
Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: