Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru

muhammad Romi, Yunani S.E.Sy., M.E, S,Pd.I

Abstract


Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seseorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhapada kepercayaan muzakki; 2) untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan muzakki; 3) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan; 4) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap kepercayaan muzakki; dan 5) untuk mengetahui jenis kebijakan untuk meningkatkan kepercayaan muzakki. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.414 orang dan sampel yang diperoleh sebanyak 97 orang dengan teknik sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS Windows Versi 17,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki, kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan, kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki. Adapun jenis kebijakan untuk meningkatkan kepercayaan muzakki yaitu, sosialisasi secara berkala, transparansi, bukti setoran zakat, dan peran pemerintah.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Kepercayaan Muzakki

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aritonang R, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hafiduddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema insani

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Ismanto, Kuat. 2009. Manajemen Syari’ah: Implementasi TQM dalam Lembanga Keuangan Syari’ah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Index

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid Satu Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Martono, Nanang. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metodologi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Perilakunya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sutanto, Herry dan Khaerul Umam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: ANDI

Usmara, A. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muhammad Romi, Yunani S.E.Sy., M.E, S,Pd.I

Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: