Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah di Kelurahan Air Jamban

Hema Nadya, Mukhlis .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui persepsi masyarakat di Kelurahan Air Jamban mengenai perbankan syariah, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melandasi persepsi masyarakat di Kelurahan Air Jamban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini sebanyak 18 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama terdapatnya berbagai macam persepsi atau pandangan masyarakat tentang perbankan syariah yang sudah cukup baik sebanyak 80% masyarakat di RT.01 / RW.06 Kelurahan Air Jamban rata-rata sudah mengetahui tentang bank syariah. Kedua, faktor dalam diri, dimana faktor ini menjadi landasan pengetahuan paham atau tidaknya masyarakat dengan baik terhadap perbankan syariah. Selanjutnya faktor situasi, dimaksudkan lingkungan dan sosial cukup bagus dengan berbagai informasi dan pengetahuan sehingga masyarakat setempat terhubung dan mengetahui tentang bank syariah. Lalu sosial, masyarakat setempat masih bergantungan erat dengan lingkungan dan individu lain, dimana rata-rata masyarakat Kelurahan Air Jamban itu menggunakan bank syariah, dan mereka percaya karena lingkungan individu tersebut rata-rata menggunakan bank syariah. Kemudian, faktor dalam diri dengan target, dimana masyarakat yang mengetahui bank syariah sangat diharapkan masyarakat muslim menggunakan bank syariah menurut syariah dan hukum Islam.


Keywords


Persepsi Masyarakat, Bank Syariah.

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. (2018). “Sosiologi Komunikasiâ€, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Iriawan, Aziz Widya. (2016). “Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syari’ah (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisnu Jepara)â€. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 13.

Junaidi. (2015). “Persepsi Masyarakat Untuk Memilih dan Tidak Memilih Bank Syariah (Studi Kota Palopo)â€. Jurnal Fokus Bisnis. Volume 14, No. 02.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta : Erlangga.

Muhammad. (2018). “Manajemen Bank Syariahâ€. (Yogyakarta: UPP AMP YKPN).

Muflih, T. Fadlanil. (2018). “Analisis Penganruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Implusif Pada Binjai Supermallâ€. Jurnal At-Tawassuth, Vol. III, No. 2, hlm. 276

Siregar. Onan Marakali. (2020). “Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariahâ€. Medan Sunggal: Puspantara.

Rahmawaty, Anita. (2014). “Pengaruh Persepsi Tentang bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di BNI Syariah Semarangâ€. ADDIN. 8 (1).

Rasnawati. (2017). “Persepsi Aparatur Sipil Negara Terhadap Penggunaan Jasa Bank Syariah (Studi Pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan)â€. Tesis. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Sjahdeni, Sutan Remy. (2014). “Perbankan Syariah Produk-Produk dan Aspek-Aspek Hukumnyaâ€. Kencana, Jakarta

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hema Nadya

Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: