Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Penyampaian Pesan Dakwah
Abstract
Pesan dakwah memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman agama dan perilaku positif di kalangan peserta didik di Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Oleh karena itu, penerapan psikologi komunikasi dalam penyampaian pesan dakwah di TPA menjadi penting untuk memastikan efektivitas dan dampak yang maksimal dari pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan psikologi komunikasi dapat meningkatkan penyampaian pesan dakwah di TPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif Studi lapangan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA Al-Falaq menerapkan ilmu psikologi komunikasi untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Metode dakwah yang digunakan di TPA Al-Falaq Metode dakwah bi-lisan, dakwah Bil-qalam dan dakwah Bil-hal. Tentang penerapan psikologi komunikasi pada penyampaian pesan dakwah di TPA Al-Falah menggunakan metode dakwah dengan teknik dan metode komunikasi yang efektif dengan teknik komunikasi persuasif.
Kata kunci : Pesan Dakwah 1; Psikologi Komunikasi 2; Metode Dakwah
Â
Â
Abstract
The message of da’wah has an important role in shaping religious understanding and positive behavior among students in the Qur’an Education Place (TPA). Therefore, the application of communication psychology in delivering da’wah messages in landfill is important to ensure maximum effectiveness and impact of the messages conveyed. This study aims to explain how the application of communication psychology can improve the delivery of da’wah messages in landfill. The research method used in this study is qualitative descriptive field study. The results showed that TPA Al-Falaq applied the science of communication psychology to convey its da’wah message. Da’wah methods used in Al-Falaq landfill Bi-oral da’wah method, Bil-qalam da’wah and Bil-hal da’wah. About the application of communication psychology in the delivery of da’wah messages at TPA Al-Falah using da’wah methods with effective communication techniques and methods with persuasive communication techniques.
Kata kunci : Da’wah Massage 1; Psychology Of Communication 2; Da’wah Method 3.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ar-Rahman, Amani, Menanamkan Iman Kepada Anak (Jakarta: istanbul, 2015)
B.Hurlock, Elizabeth, Psikologi Perkembangan (Jakarta: Erlangga, 2010)
Cholid Naburko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, 2010
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 2005)
Ferdiansyah, Daeng Sani, ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Dakwah Terhadap Transformasi Sosial Di Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah-Ntb’, Komunike, 12.1 (2020), 114–21
Iqbal, M. Hasan, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya (Jakarta, 2002)
Ishanan, Ishanan, ‘Dakwah Di Era Cyberculture: Peluang Dan Tantangan’, Jurnal Komunike, 9.2 (2017), 91–104
Muliawan, Jasa Ungguh, Ilmu Pendidikan Islam (jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015)
Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015)
Setiana, Nandari Ayu, ‘Psikologi Komunikasi Dalam Penerapan Nilai-Nilai Ke Islaman Di Sekolah’, Jurnal Peurawi, 1.1 (2018), 1–13
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: alfabeta, 2009)
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014)
Yanti, Yunidar Cut Mutia, ‘Psikologi Komunikasi Dalam Meningkatkan Dakwah Da’i Di Masjid Fajar Ikhlas Kelurahan Sumberejo Kecamatan Kemiling’, Jurnal Al-Adyan, 12.2 (2017), 259–61
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 terra nur latifah
Al Qolam Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Abstracted/Indexed by