Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Persfektif Ekonomi Islam Pada Bisnis Online

A ARPIZAL, Dama Mustika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam pada jual beli online (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada salah satu situs online shop yang menjual berbagai produk fashion yaitu pada shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian berjumlah 125 orang dengan teknik sampel accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga, Kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada situs online shop di Kota Pekanbaru. Sedangkan dalam persfektif ekonomi Islam bisnis online dibolehkan selama tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusaknya seperti riba, kezhaliman, penipuan, kecurangan, dan sejenisnya.

 


Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho, E-Commerce Memahami Perdagangan Di Dunia Maya, Bandung:Informatika, 2006

Adi (Konsumen yang Melakukan Belanja Secara Online pada Situs Tokopedia), Wawancara, Tanggal 20 Oktober 2020 15.00 WIB

Akhmad Mujahidin, Ekonomi Islam 2: Pasar, Perdagangan, Manajemen, Produksi, Konsumsi, Institusi Keuangan, dan Kontribusi, Pekanbaru:Al-Mujtahadah Press, 2014

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, Malang: Erlangga, 2012

Al-albani, dkk, Shahih At-Targhib Wa At Tarhib, Terj. Izzaudin Karim, Jakarta: Pustaka Sahifa, 2008

Andi Supangat, Statistika:Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Non Parametrik, Jakarta: Kencana, 2007

Anis Pusposari, Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Busana Melalui Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Surakarta (Surakarta: Institut Agama Islam Negeri, 2017)

Cristina Whidya Utami, Manajemen riset: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat, 2010

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Hafalan, disempurnakan oleh Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quar’an, Bandung: Cv. Mandinatul Ilmi, 2013

Endang (Konsumen yang Melakukan Belanja Secara Online pada Situs Bukalapak), Wawancara, Tanggal 20 Oktober 2020 pukul 9.00 WIB

Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media, 2011

Harman Malau, Manajem Pemasaran, Bandung: Alfabeta, 2017

https://www.kompasiana.com (Online Shop Terbaik 2018 dan Potensi Skema o2o di Indonesia), diakses pada 4 Februari 2020

https://merahputih.com, (kelebihan dan kekurangan situs-situs belanja online), diakses pada tanggal 3 Mei 2020

https://www.maxmanroe.com (Revolusi-Industri-4-0), diakses pada 31 Agustus 2020

https://jamberita.com (Pasar Online Kian Populer Indonesia Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0), diakses pada 31 Agustus 2020

https://www.kompasiana.com (Online Shop Terbaik 2018 dan Potensi Skema o2o di Indonesia), diakses pada 4 Februari 2020

https://merahputih.com, (kelebihan dan kekurangan situs-situs belanja online), diakses pada tanggal 3 Mei 2020

https://databoks.katadata.co.id (Indeks Kepercayaan terhadap Institusi Indonesia 2018 Naik Menjadi 71%), diakses pada tanggal 4 februari 2020

Lissugiarti, (Konsumen Yang Melakukan Belanja Secara Online Pada Situs Shopee), wawancara, tanggal 12 Januari 2020 pukul 10.00 WIB

Ma’ruf Abdullah, Manajemen Bisnis Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014

Michael B. Pontoh, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado, (Universitas Sam Ratulangi, 2014), hlm. 285

Muhammad Ismail, Strategi pemasaran untuk membangun citra dan loyalitas merek, Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2013

Muhammad, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Yogjakarta: Graha Ilmu, 2007

Muhammad, Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar, Jakarta: Kencana, 2014

M Yunus, Pengaruh Pelayanan Islami Karyawan Terhadap Minat Nasabah Menabung Dengan Akad Syariah Di BMT Mitra Muamalat Kudus, Jakarta: Raja Grafindo Husada, 2012

Nanang Martono, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: Rajawali Press, 2011

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-PrinsiP Pemasaran, Edisi Ke 12, Jakarta:Erlangga, 2006

Rodame Monitorir Napitupulu, Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online, Jurnal At-Tajiroh, Volume 1, no 2, Juli Desember 2015

Raya, (Konsumen Yang Melakukan Belanja Secara Online pada Situs Lazada), wawancara, tanggal 4 Januari 2020 pukul 10.00 WIB

Sangadji, dan Sopiah, Perilaku konsumen, Yogyakarta: C.V Andi, 2013

Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah, terj. Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Jilid 5 Jakarta:Cakrawala Pblishing, 2009

Sri Nurhuyati dan Wasilah. Akunlansi Syariah di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung: ALFABETA, 2017

Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Syaikh Ziyad Ghazal, Buku Pintar Bisnis Syar’i, Bogor: Al Azhar Press, 2011

Thalia Claudia Mawey, “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgoâ€, (Jurnal Emba, vol.6 no.3 Juli 2018)

Wijaya, P. S. M., Teguh, C, (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli di online shop specialis guess, JRMB, Volume 7, No.2 Desember 2014.

Zulian Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonisia, 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ARPIZAL ARPIZAL

Finest : Jurnal Riset dan Pengembangan Ekonomi Islam is Abstracted/Indexed by: